Selasa, 27 April 2010

Notasi musik



Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan oleh not (walaupun kadang istilah nada dan not saling dipertukarkan penggunaannya). Tulisan musik biasa disebut partitur.
Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.


Terdapat pula bentuk notasi lain, misalnya notasi angka yang juga digunakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, India, dan Tiongkok.
Notasi balok
Notasi Gregorian awal notasi balok
Notasi Gregorian, ditemukan oleh Paus Agung Gregori pada tahun 590, adalah awal penulisan musik dengan balok not. Namun Notasi Gregorian belum ada panjang nada dinyanyikan sesuai perasaan penyanyi) dan masih dengan balok not yang 4 baris.

Not balok yang sekarang ini telah sempurna sekali untuk musik dibandingkan Notasi Gregorian.


Unsur-unsur notasi balok
Interval not antarspasi (atau antargaris) adalah terts, sedangkan interval antara garis dan spasi adalah sekunde.
Dalam notasi balok, sistem paranada bergaris lima digunakan sebagai dasar. Bersama dengan keterangan mengenai tempo, ketukan, dinamika, dan instrumentasi yang digunakan, not ditempatkan pada paranada dan dibaca dari kiri ke kanan. Durasi nada dilambangkan dengan nilai not yang berbeda-beda, sedangkan tinggi nada dilambangkan dalam posisi not secara vertikal pada paranada. Interval dua not yang dipisahkan satu garis paranada (yaitu berada pada dua spasi yang bersebelahan) seperti digambarkan pada ilustrasi di samping merupakan interval terts, sedangkan interval antara not pada spasi dengan not pada garis adalah interval sekunde. Tanda kunci pada awal paranada menunjukkan tinggi nada yang diwakili oleh garis dan spasi pada paranada tersebut. Pada gambar di samping, kunci-G digunakan, menandakan bahwa garis kedua dari bawah melambangkan nada g¹. Dengan demikian, interval terts pada gambar di samping adalah pasangan nada a1–c2, sedangkan interval sekunde merupakan pasangan nada a1–b1. Not-not yang melambangkan tinggi nada di luar jangkauan kelima garis paranada dapat digambarkan dengan menggunakan garis bantu yang diletakkan di atas atau di bawah paranada.
Contoh penggunaan notasi balok
Penggunaan notasi balok dijelaskan dalam contoh yang diambil dari bagian awal karya Johann Strauss, An der schönen blauen Donau yang disederhanakan.


Bagian awal An der schönen blauen Donau yang disederhanakan.
1. Di sebelah kiri atas pada awal lagu biasanya ditempatkan petunjuk tempo (yaitu kecepatan lagu), seringkali dalam bahasa Italia, yang di sini menunjukkan "tempo waltz". Selain itu juga terdapat penanda metronom dalam satuan BPM (beats per minute), di sini 142 ketukan per menit.
2. Tanda birama menunjukkan ritme lagu. Angka di bagian atas tanda birama menunjukkan jumlah ketukan per birama, sedangkan angka di bawah menunjukkan nilai not per ketukan. Tanda birama 3/4 di sini menunjukkan bahwa terdapat tiga ketukan dalam birama, satu ketukan kuat diikuti dua ketukan lemah, dan masing-masing ketukan bernilai not seperempat.
3. Garis birama merupakan pemisah antarbirama.
4. Pada bagian awal paranada terdapat kunci-G yang menandakan bahwa garis kedua dari bawah melambangkan nada g¹ (berfrekuensi sekitar 418 Hz).
5. Tanda mula utama yang di sini terdiri dari dua tanda mula kres pada garis nada c dan f menunjukkan bahwa kedua nada tersebut dinaikkan setengah nada dalam semua oktaf (dimainkan sebagai nada cis dan fis) serta menunjukkan bahwa karya musik bersangkutan bertangga nada D mayor atau B minor.
6. Not pertama adalah not seperempat dengan nada d1, dengan dinamika (nyaring lembutnya suara) mf (bahasa Italia, mezzo forte: agak nyaring). Dapat dilihat bahwa not tersebut langsung diikuti garis birama walaupun tiga ketuk dalam birama tersebut belum selesai. Dengan demikian, karya ini dimulai bukan dengan ketukan pertama bertekanan, melainkan dengan ketukan ketiga lemah dalam suatu birama pembuka (anacrusis).
7. Not kedua juga merupakan not seperempat dan bernada d1 yang jatuh pada ketukan pertama dalam birama berikutnya.
8. Tanda legato menghubungkan not d1 tersebut dengan not fis1 dan a1, menandakan bahwa ketiga not tersebut harus dimainkan secara legato (sambung-menyambung).
9. Pada birama berikutnya terdapat not setengah bernada a1 berdurasi dua ketukan.
10. Berikutnya terdapat not seperempat dengan dua kepala not pada posisi nada fis2 dan a2, menandakan bahwa kedua nada tersebut harus dimainkan bersamaan. Di atas not tersebut terdapat tanda staccato, menandakan bahwa not tersebut harus dimainkan secara staccato (terpisah nyata dari not sebelum dan sesudahnya).
11. Tanda diam seperempat menandakan bahwa tidak ada nada yang dimainkan selama (dalam hal ini) satu ketukan.
12. Di bawah tiga birama terakhir terdapat tanda decrescendo, menandakan bahwa pada ketiga birama tersebut terdapat perubahan dinamika, yaitu dimainkan makin melembut (dapat juga ditulis decresc. atau dim., diminuendo).

Minggu, 25 April 2010

Teori Musik

Teori musik merupakan cabang ilmu yang menjelaskan unsur-unsur musik. Cabang ilmu ini mencakup pengembangan dan penerapan metode untuk menganalisis maupun menggubah musik, dan keterkaitan antara notasi musik dan pembawaan musik.
Hal-hal yang dipelajari dalam teori musik mencakup misalnya suara, nada, notasi, ritme, melodi, Kontrapun Musik, harmoni, Bentuk Musik, Teori Mencipta Lagu, dlsb.
Suara
Teori musik menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periodenya, melainkan dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala (Inggris: pitch, yaitu tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timbre (warna bunyi).
Nada
Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dalam teori musik diatonis barat diidentifikasikan menjadi 12 nada yang masing-masing diberi nama yaitu nada C,D,E,F,G,A dan B. Serta nada-nada kromatis yaitu Cis/Des, Dis/Es, Fis/Ges, Gis/As, dan Ais/Bes.
Ritme
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).
Notasi
Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.
Melodi
Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).
Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal. Unit terkecil dari melodi adalah Motif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. Gabungan dari Motif adalah Semi Frase, dan gabungan dari Semi Frase adalah Frase (Kalimat). Sebuah Melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitu kalimat tanya (Antisiden) dan kalimat jawab (Konsekuen).
Harmoni
Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.

Rabu, 21 April 2010

Tips & Trik Bermain Drum


Berikut tips dan trik cara bermain drum, bagi kalian yang merasa seorang drumer sejati :-) ga ada salahnya untuk membaca atrikel berikut. So..., selamat menikmati :-)



1. Selalu make earplug kalo maen ato latihan drum. Belakangan banyak drummer-drummer yang terkena penyakit tinnitus atau telinga berdengung *hii... serem*

2. Kalo lo punya cymbal yang robek, jangan lo buang cing! Coba lo liat, masih bisa dipotong jadi ukuran yang lebih kecil ato kagak, kalo bisa loke tukang montir n suruh potongin. Bisa jadi suara cymbal lo jadi kayak suara bell, dll.

3. Lo bosen sama suara hihat lo? Ada solusinya nih. Caranya, tuker penempatannya, hihat bagian atas lo pindah ke bagian bawah n yang bawah lo tuker ke atas. Cihui lah cui! :-)

4. Punya uang lebih? Lo jangan ragu-ragu buat beli peralatan drum lainnya seperti cowbell, splash, china, double pedal, tymbalist atau wood block. Semua perlengkapan itu bisa memberi inspirasi lo biar mainnya tambah bagus.

5. Sebaiknya, pilih cowbell dalam ukuran besar. Lo biasa dapetin 4 suara yang beda dari 1 cowbell. Tergantung dimana lo mukulnya n pada bagian mana pada stik drum lo mukulnya. Ngerti?

6. Simpan cymbal yamg lo punya di tempat yang aman kalo lagi gak dipake, misal lo taro di tas n simpen dalam lemari. Cymabal bakaln mudah rusak kalo lo taro di sembarang tempat karena beresiko seperti lecet n penyok. Lagi pula cymbal kagak tahan lama seperti berlian.

7. Semakin banyak lo punya cymbal, semakin banyak pula cymbal yang mesti dibersihin. Pilihlah cymbal yang bener-bener tepat pada musik yang lo mainin.

8. Lo punya masalah sama cymbal yang mudah robek? Hal penting yang harus diperhatikan adalah cara memukul dan penempatan cymbal. Jangan memukul secara direct hit tetapi dipoles. Tempatkanlah cymbal mengarah pada pemain (agak miring). Bila penempatan cymbal tegak lurus, maka akan mudah membuat stik menjadi tidak tahan lama.

9. Stik yang lo punya juga berpengaruh pada daya tahan cymbal. Stik besar lebih gampang ngancurin cymbal. Jadi, kalo lw punya stik 5A beralihlah ke stik 7A, dan seterusnya.

10. Kalo lw beli hi-hat lagi *kaya banget pasti lo ya*, sebaiknya milih yang ukurannya sama kayak hihat lo sebelumnya. Tapi... Ada tapinya nih, usahain milih tipe, merek otau model yang berbeda. Dengan begini, lo kayak punya 6 jenis hihat yang berbeda! Yo'i mamen!

11. Kalo lo tur musik/ berpergian. Biasakan membawa checklist di kertas kecil biar bisa dikantongin n diselipin di dompet.

12. Gunain karpet buat alas drum lo. Karpet berfungsi untuk mencegah agar drum tidak bergeser-geser alias STABIL.

13. Kalo lo mo maen drum, biasain lo pemanasan dulu. Kayak loncat-loncat single stroke, and so on. Sisain waktu paling dikit 10 menit untuk istirahat sebelum tampil.

14. Jangan kebanyakan nempel stiker pada headbass drum bagian depan(resonant) coz suaranya akan tertahan.

15. Jangan naro drum lo di tempat lembab. Air bisa ngebuat suara drum lo gak bagus dan hardware menjadi karatan.

16. Bawalah perlengkapan yang tidak ada pada perangkat drum yang akan anda mainkan. Sebaiknya, jangan membawa peralatan yang sudah ada. Kecuali jika headnya sobek. *Ngapain bawa-bawa peralatan yang sudah ada, CAPEK DEH!*

17. Lo punya masalah power sama tangan kiri lo? Lo bisa balik stik lo, jadi lo make bagian belakang stik. Trik ini, selain nambahin power, juga ngebuat kita lebih gampang ngelakuin rim shot. But, jangan menggunakan posisi stik pada tangan kanan karena suara ride cymbal bakalan gak jelas gitu deh alias washy.

18. Gunakan stik yang lebih besar saat bermain. Cobalah bermain pelandengan stik itu agar jari-jari lo lebih terkontrol.

19. Banyakin deh berolahraga minimal seminggu 2 kali selama 30 menit ato lebih. Stay away from drugs coz bisa menghambat kreativitas bermusik lo.

20. Selalu siapkan air minum saat lo tampil atau berlatih. Better, u drink sparkling water or juice. Remember! Alcoholic drinks aren't allowed.

Ah... Udah setengah nih gw ngetik. Let's get some refresh. Tarik napas pelan-pelan... terus...terus...terus... yak, op! Kalo gw lanjutin bisa mato lo. Nah, sekarang keluarkan pelan-pelan. Fuhhh... Gimana rasanya? Yummy kan? Ok, keep writing. Kalo buat lo ya, keep reading. Ya nggak?

21. Pilihlah cymbal yang bener-bener 'plek' di hati lo. Merek-merek cymbal yang bagus tu Zildjian of course, Sabian, and Paiste.

22. Cara lain memilih cymbal: Bawa stik lo, walkman, n headphone lo ke toko musik. Putar lagu dengan suara cymbal yang lo prngenin, volumnya agak dikerasin. And then, mainin cymbal yang lo mainin.

23.Stainer sebaiknya jangan lo pasang terlalu keras karena suara akan tertahan da snare wire akan mudah putus.

24. Posisi snare sebaiknya di set tinggi. Hal ini akan memudahkan untuk bermain rim shot n gak buat bungkuk.

25. Agar mencegah bagian tengah stik terkikis karena memainkan rim shot, lilitkan selotip tipis pada bagian tengah stik.

26. Agar drum head pada bassdrum awet, gunakan lakban(3 lapis) pada bagian tengah di mana beater sering mendarat. Buatlah potongan kecil agar tidak mempengaruhi suara.

27. Kalo lo membawa perlengkapan sendiri, pasanglah segera. Selesaikan semuanya dalam waktu 10 menit sebelum lo tampil sehingga pikiran lo bakal lenih tenang n ada waktu buat istirahat.

28. Sediain makanan tambahan, seperti coklat, tablet isap, vitamin, obat-obatan sampai obat tetes mata di dalam tas stik atau tas cymbal anda.

29. Biasakan menggunakan metronom saat berlatih agar tempo permainan senantiasa stabil.

30. Beri warna pada permainan drum lo seperti dengan menggunakan accent dan dinamik.*jangan menyag itu0itu aja, ya nggak?*

31. Bermainlah dengan rileks, jangan tegang dan jangan membuang-buang tenaga. Gak ada gunananya.

32. Siapkan stik lebih dari satu di dekat lo. Ya... Buat jaga-jaga kalo stik lo entar mencelat.

33. Jangan cepat puas deh sama apa yang lo udah dapet. Coba menambah ilmu dengan cara belajar dari guru drum yang berbeda atau mungkin tukeran info sama temen lo.

34. Jangan terlalu fanatik pada satu atau dua aliran lagu saja. Coba mainin aliran lain. Bukan aliran sesat yang pasti.

35. Dalam bermain drum libatkan feel saat bermain. Jangan asal pukul dan jangan pernah berpikir bahwa semakin keras bermain drum semakin bagus. Jangan pernah berpikir semakin cepet lo main, semakin hebat*kagak dah*. Kekerasan dan kecepatan tak ada sangkut pautnya sama musikalitas.

36. Selau berlatih dari tempo yang lambat kalau sudah terbiasa naekin dah temponya perlahan-lahan. Lo belajar jalan dulu baru berlari, ya kan?

37. Saat bermain, dengarkan musisi lain, jangan terfokus pada diri sendiri. JANGAN BERMAIN DRUM DI MUSIK, TAPI MAININ MUSIK DENGAN DRUM.

38. Jadilah pemain drum yang kreatif, beri variasi pada setiap permainan drum yang lo dapet. Karena drum masih ter sesuatu yang "baru", masih banyak variasi yang bisa lo temuin.

Tips ini gw dapet dari temen gw yang seorang drumer, dy udah bermain drum selama kurang lebih 5 tahun. Semoga bermanfaat. Trims

Minggu, 11 April 2010

Lagu-lagu Penenang Jiwa Yang Resah

Lagu-lagu Penenang Jiwa Yang Resah
Review Album
Good For The Soul
Andre Harihandoyo and Sonic People

Good For The Soul, sesuai judulnya merupakan kumpulan lagu-lagu yang menenangkan jiwa. Andre Harihandoyo & Sonic People mengusung 11 lagu akustik yang easy listening dan bernuansa cozy. Mendengarkan lagu-lagu dalam album ini membuat pikiran yang ruwet karena berbagai persoalan menjadi tenang dan segar. Sebuah album yang merupakan selingan segar untuk jiwa yang lelah karena berbagai persoalan dunia.

Nuansa cozy yang menenangkan langsung berasa pada lagu pertama, “The Breakup”. Lagu akustik dengan sentuhan alat tiup, asyik menggelitik. Nuansa ini yang terus dipertahankan di hampir seluruh lagu dalam album ini. Seperti terasa pada lagu kedua “Justify”.

Pada album ini, Andre JJ sepertinya tidak perlu lagi menonjolkan kemampuan teknik gitarnya. Andre JJ lebih menonjolkan kemampuannya dalam menulis lagu dan aransemen. Album ini juga menonjolkan kemampuan vokal Andre JJ yang mampu mengekspresikan lagu-lagunya dg baik.

Andre JJ hanya menyelipkan beberapa solo/lead pada beberapa lagu. Benar-benar menyelipkan, karena lead/solo yang ditampilkan Andre JJ tidaklah lead yang panjang. Tapi lead yang simple, eksepresif dan mengena. Tidak perlu menonjol dan sejalan dengan lagu. Hal ini bisa terasa pada “Justify”.

Hal yang sama juga terasa pada lagu “Good (for the soul)”, dimana Andre JJ menunjukkan kepiawainnya bermain “leading back”. Lead/solo-nya melatari keseluruhan lagu, tidak egois, tidak perlu menonjol di depan, tapi bisa melatari di belakang dan tetap asyik. Lead/solo pada lagu ini juga memperlihatkan kepiawaian Andre JJ dalam memilih nada-nada lead/solo-nya.

Yang juga cukup menonjol pada album ini adalah seksi perkusi/drum. Dengar saja sentuhan brush pada lagu ketiga “I'll Wait For You”. Menurut gue, lagu ini jadi berasa asyik karena sentuhan perkusinya itu. Kehebatan perkusi/drum makin berasa pada lagu “Room For Everybody”. Lagu ini memadukan permainan perkusi yg rumit dg petikan/strumming gitar akustik yang harmonis. Sebenernya njlimet tapi asyik didengar dan tetap easy listening, enggak bikin capek.

Akar musik Andre JJ berasa pada lagu “I Wish”. Andre JJ merupakan seorang gitaris blues yang cukup tangguh. Pada lagu ini Andre JJ menampilkan permainan blues yg lincah dg sentuhan rock n roll, membuat kaki sedikit bergoyang. Di sini Andre JJ menyelipkan solo blues yang cukup panjang dan asyik disimak. Buat yang suka mendengar aksi blues Andre JJ, lagu ini bisa jadi merupakan jawabannya.

Andre JJ pada album ini terlihat tidak mau melulu nge-blues. Andre JJ mencoba memperluas musiknya. Seperti memasukkan sentuhan jazzy dan latin. Kemudian sentuhan country pada lagu “The Flood Song” yang kental delta blues-nya. Lengkap dengan sliding gitar yang menyayat syahdu.

Lagu “Everything” sedikit menaikkan emosi. Diawali dg intro yg kalem, lalu kemudian masuk tempo yang agak up-beat. Sebuah sentuhan yang cukup jitu membuat album ini tidak terjebak menjadi membosankan. Walaupun up-beat, tapi tetap saja nuansa yang ditampilkan tetap cozy. Ceria, segar dan cozy.

“Uhh.. Ahh...” menunjukkan kepiawaian Andre JJ dalam mengaransemen dan meracik nada-nada dalam sebuah lagu. Lagu ini bisa dikatakan sebuah lagu instrumental. Dimana vokal berfungsi sebagai salah satu alat musik dengan bunyi seputar “ahh uhh” aja, berpadu dengan instrument lainnya menghasilkan harmonisasi yang rapi. Racikan aransemen akustik yg ciamik. Lagu instrumental gak perlu bikin jidat berkerut. Easy listening tapi juga gak murahan.

Lagu penutup “Pillow St” memberi salam perpisahan yang hangat dan seolah mengucapkan selamat beristirahat bagi pendengar. Good night baby have a good night sleep….

Album ini menawarkan sesuatu yang menyegarkan. Di tengah-tengah industri musik yang banyak menampilkan lagu-lagu “yang itu-itu saja”, dan di tengah-tengah berbagai keruwetan persoalan sehari-hari…. album “Good For The Soul” merupakan makanan segar bagi jiwa. Menghilangkan penat dan enggak menambah ruwet.

KBGHardcase

KBGHardcase adalah sebuah usaha Industri Rumahan pembuatan Box Alumunium, Hardcase / Flightcase Custom dan Mengerjakan Service Box / Hardcase.
Hardcase memberikan perlindungan untuk kebutuhan Musik, Sound System, Lighting System, Broadcasting System, Per Bank kan, Televisi, Pertambangan, BMG, Depkes, Kecantikan / Salon, PMI, Militer dll.
Kotak-Box / Hardcase - Flightcase Custom dengan berbagai macam ukuran seperti Hardcase - Flightcase: Safety Box, Tools Box, Emergency Kit Box, Panel Box, Riset Box, Guitar, Sound System and Lighting System dll.
Box / Hardcase sangat berguna untuk memberikan perlindungan pada instrumen dan peralatan, yang mempunyai fungsi memberikan keamanan waktu pengepakan ketika dibawa travelling dengan kendaraan ataupun pesawat, tinggal di jinjing ataupun didorong. Serta memberikan keamanan dan kenyamanan untuk disimpan dalam waktu lama digudang / warehouse dari gangguan rayap, tikus dan binatang perusak lainnya
Prinsip Product KBGHardcase adalah dibuat dengan material pilihan, yang dilapisi dengan fiber / plastik, vinyl / kulit, mika / jewel ( Top of Quality Product ), dengan berbagai pilihan warna dan berkualitas ekspor ( Fashionable Colour ), dapat ditambahkan nama band, perorangan ( embosed) dan dapat dipesan sesuai ukuran yang diinginkan dan yang terdiri dari beberapa model (Special Series).
Motto KBGHardcase : Strongly, Safety & Solusi. Lebih Lengkap klik

Selasa, 06 April 2010

Sekilas tentang GIGI

Gigi adalah nama sebuah grup musik yang berasal dari Bandung, Indonesia yang mengusung jenis musik pop dan rock. Kelompok ini berdiri pada tanggal 22 Maret 1994, dengan format awal Aria Baron, Thomas Ramdhan, Ronald Fristianto, Dewa Budjana dan Armand Maulana.
Setelah berkiprah selama 11 tahun di blantika musik Indonesia, kelompok ini telah mengalami pergantian personil berkali-kali. Format terakhir (saat ini) kelompok ini adalah:
• Armand Maulana
• Dewa Budjana
• Thomas Ramdhan
• Gusti Hendy
Sejarah
Grup Band Gigi resmi dibentuk pada tanggal 22 Maret 1994. Pada awalnya Grup Band ini terdiri atas Armand Maulana (vokalis), Thomas Ramdhan (bassis), Dewa Budjana (gitaris), Ronald Fristianto (drummer), dan Baron Arafat (gitaris). Nama "Gigi" sendiri muncul setelah para personilnya tertawa lebar mengomentari nama "Orang Utan" yang nyaris dijadikan nama band ini. Dengan latar belakang musik yang beda-beda, mereka menggabungkannya ke dalam satu musik yang menjadi ciri khas Gigi. Album perdana yang bertema "Angan" dilempar ke pasara dengan dukungan dari Union Artist/Musica. Pada waktu itu Gigi belum membentuk suatu manajemen artis untuk mengelola kegiatan mereka sehingga untuk mempromosikan album perdana itu, mereka merilis dua singel yang sekaligus video klip, yaitu Kuingin dan Angan. Tetapi kedua lagu andalan tersebut tidak banyak mendongkrak angka penjualan. Kurangnya promosi dan tidak adanya pengelolaan manajemen menjadi penyebab utama kegagalan album pertama group musik ini. Akhirnya mereka membentuk Gigi Management supaya mereka jadi lebih profesional. Album kedua "Dunia" terbilang sukses di pasaran. Dengan mengandalkan lagu unggulan pertama "Janji", yang terjual sekitar 400.000 copy serta meraih penghargaan sebagai "Kelompok Musik Terbaik". Pada saat ini manajeman Gigi terjadi keretakan dengan Baron. Video klip lagu andalan kedua "Nirwana" dibuat tanpa adanya Baron. Pada September 1995, Baron secara resmi keluar dari Group Band Gigi. Kemudian diikuti keluarnya Thomas dan Ronald yang bulan November 1996. Akhirnya Grup Band Gigi hanya tinggal berdua saja namun tetap berusaha bertahan dan merekrut Opet Alatas (bassis) dan Budhy Haryono drumer). Formasi baru ini memberi warna baru pada Gigi. Pada tahun 1997 mereka mengeluarkan album keempat yang bertema 2x2 dengan menggandeng sejumlah musisi kondang, lokal dan dunia, Antara lain Billy Sheehan (Mr. Big) yang menyumbang permainan basnya yang dahsyat pada lagu mereka (Cry Baby), dan Indra Lesmana juga ikut menyumbang dalam lagu "Tractor". Lagu andalan "Kurindukan" ternyata kurang direspon masyarakat. Keadaan ini tertolong sama dengan adanya tur 100 kota yang menampilkan duet Indra Lesmana dan Gilang Ramadhan sebagai pembukanya.
Sementara itu Thomas yang baru aja keluar dari rehabilitasi balik ke Jakarta untuk mulai main musik lagi. Thomas bahkan membikin kejutan sewaktu menjadi bintang tamu di konser GIGI "Satu Jam Bersama Gigi" dan konser Gigi di Bandung. Di konser itu dia main di lagu "Janji" dan "Angan". Di konser itu, mereka serasa bernostalgia dengan Thomas. Yang spesialnya lagi, mereka ngebawain satu lagu yang lumayan jarang dibawain, yaitu Hasrat. Pada tanggal 22 Maret 1999 akhirnya Thomas masuk (lagi) ke Group musik Gigi. Tak lama setelah itu Gigi merilis album keenam yang bertema "Baik" pada bulan April 1999. Lagu andalan pertamanya adalah "Hinakah".

Senin, 05 April 2010

Kenapa SIhhhh???

Kenapa sih, ada banyak sebutan untuk mengkotak²an penggemar musik? Sehingga saat kita menyukai sebuah musik jenis tertentu, secara tidak langsung 'Gelar Kebangsawanan' sebagai atribut untuk penggemar musik tertentu melekat pada kita.

Bagaimana dengan orang yang menyukai berbagai jenis musik? Patutkah dia kita bilang plin-plan? kenal aja ngga, koq bisa²nya kita menilai seperti itu? Padahal tidak ada salahnya, kan? Tidak ada batasannya! Lalu kenapa dipermasalahkan?

"Kita kan idealis!"

Mungkin itu jawaban cepatnya. Tapi, apakah jawaban itu benar? Belum tentu juga! Karena sekarang ini banyak sekali idealisme² ataupun dogma² yang pada akhirnya cuma mampu memisahkan dan menimbulkan permusuhan antar penggemar musik yang satu dengan yang lainnya.

Untuk itukah manusia menciptakan not balok? lagi² cuma sebagai perbedaan yang tidak bisa disatukan? Sama seperti Timor Timur yang memilih untuk tidak bersatu dengan Indonesia, sama seperti minyak dan air, sama seperti MPR/DPR RI, sama seperti masalah SARA di negara kita, dan sama aja kayak Dangdut dan Grindcore? Nambah²in masalah negara aja! Buat apa?

Musik adalah bahasa UNIVERSAL!

Semua orang bebas mau suka musik yang mana aja dan yang lain tidak boleh protes, bahkan harus menghormatinya. Begitu juga sebaliknya. Kalau musik bisa mempersatukan orang² dengan perbedaan suku, agama, dan ras, kenapa musik juga yang memisahkan mereka? Aneh kan? Soal selera aja koq ribut? Lucu!

Memang ada penggemar muik beraliran tertentu yang mempunyai idealisme dalam bermusik. tetapi pertanyaan yang muncul berikutnya adalah: Idealisme yang seperti apa? Pancasila? Anti-komersil? Vandalisme? Anarkis? atau atheis?

Itu BUKAN idealisme musik, kawan! Manusia TIDAK pernah menciptakan musik langsung dengan idealisme-nya sekalian. Idealisme itu buatan manusia, dan TIDAK ADA satu manusia pun yang 'Terbenar' di dunia ini.

Musik itu ekspresi diri, seni. sama seperti lukisan, patung, dan berbagai macam karya seni lainnya. masing² orang di dunia ini mempunyai hak dan kebebasan untuk mengekspresikan dirinya menurut caranya masing². Tidak ada undang² yang melarangnya, dan tidak ada yang berhak menjauhinya. Dia bebas, kamu bebas, dan saya pun bebas. Tapi kita harus saling menghormati. Itu saja. Mudah kan?

Namun ternyata kita tidak bisa memungkiri bahwa pertentangan selalu ada. Selalu saja muncul dan memecah-belah kita. Devide et Impera. Kita diadu domba, oleh siapa? Belanda? Nica? Amerika? Bukan! Tapi oleh idealisme!

Tidak sadarkah kita bahwa selama ini musik lebih dipakai sebagai alat propaganda dibandingkan sebagai alat untuk mengekspresikan diri? Propaganda dari manusia² yang percaya bahwa dirinya adalah orang yang paling benar sedunia dan yang lain itu salah, goblok, bego! Kurang puaskah kita dijajah? Tolong jangan campur-adukkan idealisme itu milik orang yang memainkan musik, bukan musiknya.

Kita itu masih 'bule minded' banget. Menganggap mereka dewa atau apapun sebutannya. Idealisme mereka kita anggap benar, untuk kemudian kita anut bersama. Musiknya boleh kita jadikan musik favorit kita, tetapi idealismenya harus disesuaikan dengan keadaan bangsa kita. Kita harus memisahkan antara idealisme dengan musik.

Kenapa cuma Hardcore atau grindcore atau punk yang seringkali menyandang musik idealis? Apakah batasan idealis itu? Anti-komersil kah? Jika ya, bagaimana dengan pengusung musik lain yang memiliki idealisme serupa? Tidak bolehkah mereka bergabung? kenapa? Karena aliran musik mereka trendi atau komersil? Cuma sebatas itukah kita berteman?

Di Indonesia itu dangdut adalah musik rakyat bawah lho. Penggemarnya kebanyakan berasal dari kaum tani, dan rakyat² kecil lainnya. Mereka kan kum tertindas, tenaganya diperas habis²an oleh kaum kapitalis dan mereka tidak pernah merasakan apa yang dulu disebut sebagai pemerataan. apakah mereka boleh masuk ke kelompok dengan idealisme yang begitu agung itu? Jika tidak, buang saja idealisme itu ke laut!

Biarlah musik tetap jadi musik, dan idealisme tetap jadi idealisme.

Sekali lagi, musik adalah bahasa universal. Tangga nadanya saja sama di seluruh dunia, kunci²nya saja serupa. Apalagi yang jadi masalah? Sukses dan terkenal itu cuma masalah kesempatan, yang penting adalah kreatifitas dalam bermusik. Musik tidak pernah tercipta langsung dengan idealisme sekaligus, tetapi ekspresi idealisme manusialah yang menciptakan musik tersebut. Cobalah kita merenunginya sekali lagi.

Biarlah tiap aliran/jenis musik mempunyai kesempatan untuk berkembang seperti hal nya dengan musisinya. jangan jadikan musik cuma sebagai alat propaganda semata², tetapi pandanglah musik sebagai suatu ekspresi karya seni yang indah dan penuh gairah.