Minggu, 11 April 2010

Lagu-lagu Penenang Jiwa Yang Resah

Lagu-lagu Penenang Jiwa Yang Resah
Review Album
Good For The Soul
Andre Harihandoyo and Sonic People

Good For The Soul, sesuai judulnya merupakan kumpulan lagu-lagu yang menenangkan jiwa. Andre Harihandoyo & Sonic People mengusung 11 lagu akustik yang easy listening dan bernuansa cozy. Mendengarkan lagu-lagu dalam album ini membuat pikiran yang ruwet karena berbagai persoalan menjadi tenang dan segar. Sebuah album yang merupakan selingan segar untuk jiwa yang lelah karena berbagai persoalan dunia.

Nuansa cozy yang menenangkan langsung berasa pada lagu pertama, “The Breakup”. Lagu akustik dengan sentuhan alat tiup, asyik menggelitik. Nuansa ini yang terus dipertahankan di hampir seluruh lagu dalam album ini. Seperti terasa pada lagu kedua “Justify”.

Pada album ini, Andre JJ sepertinya tidak perlu lagi menonjolkan kemampuan teknik gitarnya. Andre JJ lebih menonjolkan kemampuannya dalam menulis lagu dan aransemen. Album ini juga menonjolkan kemampuan vokal Andre JJ yang mampu mengekspresikan lagu-lagunya dg baik.

Andre JJ hanya menyelipkan beberapa solo/lead pada beberapa lagu. Benar-benar menyelipkan, karena lead/solo yang ditampilkan Andre JJ tidaklah lead yang panjang. Tapi lead yang simple, eksepresif dan mengena. Tidak perlu menonjol dan sejalan dengan lagu. Hal ini bisa terasa pada “Justify”.

Hal yang sama juga terasa pada lagu “Good (for the soul)”, dimana Andre JJ menunjukkan kepiawainnya bermain “leading back”. Lead/solo-nya melatari keseluruhan lagu, tidak egois, tidak perlu menonjol di depan, tapi bisa melatari di belakang dan tetap asyik. Lead/solo pada lagu ini juga memperlihatkan kepiawaian Andre JJ dalam memilih nada-nada lead/solo-nya.

Yang juga cukup menonjol pada album ini adalah seksi perkusi/drum. Dengar saja sentuhan brush pada lagu ketiga “I'll Wait For You”. Menurut gue, lagu ini jadi berasa asyik karena sentuhan perkusinya itu. Kehebatan perkusi/drum makin berasa pada lagu “Room For Everybody”. Lagu ini memadukan permainan perkusi yg rumit dg petikan/strumming gitar akustik yang harmonis. Sebenernya njlimet tapi asyik didengar dan tetap easy listening, enggak bikin capek.

Akar musik Andre JJ berasa pada lagu “I Wish”. Andre JJ merupakan seorang gitaris blues yang cukup tangguh. Pada lagu ini Andre JJ menampilkan permainan blues yg lincah dg sentuhan rock n roll, membuat kaki sedikit bergoyang. Di sini Andre JJ menyelipkan solo blues yang cukup panjang dan asyik disimak. Buat yang suka mendengar aksi blues Andre JJ, lagu ini bisa jadi merupakan jawabannya.

Andre JJ pada album ini terlihat tidak mau melulu nge-blues. Andre JJ mencoba memperluas musiknya. Seperti memasukkan sentuhan jazzy dan latin. Kemudian sentuhan country pada lagu “The Flood Song” yang kental delta blues-nya. Lengkap dengan sliding gitar yang menyayat syahdu.

Lagu “Everything” sedikit menaikkan emosi. Diawali dg intro yg kalem, lalu kemudian masuk tempo yang agak up-beat. Sebuah sentuhan yang cukup jitu membuat album ini tidak terjebak menjadi membosankan. Walaupun up-beat, tapi tetap saja nuansa yang ditampilkan tetap cozy. Ceria, segar dan cozy.

“Uhh.. Ahh...” menunjukkan kepiawaian Andre JJ dalam mengaransemen dan meracik nada-nada dalam sebuah lagu. Lagu ini bisa dikatakan sebuah lagu instrumental. Dimana vokal berfungsi sebagai salah satu alat musik dengan bunyi seputar “ahh uhh” aja, berpadu dengan instrument lainnya menghasilkan harmonisasi yang rapi. Racikan aransemen akustik yg ciamik. Lagu instrumental gak perlu bikin jidat berkerut. Easy listening tapi juga gak murahan.

Lagu penutup “Pillow St” memberi salam perpisahan yang hangat dan seolah mengucapkan selamat beristirahat bagi pendengar. Good night baby have a good night sleep….

Album ini menawarkan sesuatu yang menyegarkan. Di tengah-tengah industri musik yang banyak menampilkan lagu-lagu “yang itu-itu saja”, dan di tengah-tengah berbagai keruwetan persoalan sehari-hari…. album “Good For The Soul” merupakan makanan segar bagi jiwa. Menghilangkan penat dan enggak menambah ruwet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar