Rabu, 21 April 2010

Tips & Trik Bermain Drum


Berikut tips dan trik cara bermain drum, bagi kalian yang merasa seorang drumer sejati :-) ga ada salahnya untuk membaca atrikel berikut. So..., selamat menikmati :-)



1. Selalu make earplug kalo maen ato latihan drum. Belakangan banyak drummer-drummer yang terkena penyakit tinnitus atau telinga berdengung *hii... serem*

2. Kalo lo punya cymbal yang robek, jangan lo buang cing! Coba lo liat, masih bisa dipotong jadi ukuran yang lebih kecil ato kagak, kalo bisa loke tukang montir n suruh potongin. Bisa jadi suara cymbal lo jadi kayak suara bell, dll.

3. Lo bosen sama suara hihat lo? Ada solusinya nih. Caranya, tuker penempatannya, hihat bagian atas lo pindah ke bagian bawah n yang bawah lo tuker ke atas. Cihui lah cui! :-)

4. Punya uang lebih? Lo jangan ragu-ragu buat beli peralatan drum lainnya seperti cowbell, splash, china, double pedal, tymbalist atau wood block. Semua perlengkapan itu bisa memberi inspirasi lo biar mainnya tambah bagus.

5. Sebaiknya, pilih cowbell dalam ukuran besar. Lo biasa dapetin 4 suara yang beda dari 1 cowbell. Tergantung dimana lo mukulnya n pada bagian mana pada stik drum lo mukulnya. Ngerti?

6. Simpan cymbal yamg lo punya di tempat yang aman kalo lagi gak dipake, misal lo taro di tas n simpen dalam lemari. Cymabal bakaln mudah rusak kalo lo taro di sembarang tempat karena beresiko seperti lecet n penyok. Lagi pula cymbal kagak tahan lama seperti berlian.

7. Semakin banyak lo punya cymbal, semakin banyak pula cymbal yang mesti dibersihin. Pilihlah cymbal yang bener-bener tepat pada musik yang lo mainin.

8. Lo punya masalah sama cymbal yang mudah robek? Hal penting yang harus diperhatikan adalah cara memukul dan penempatan cymbal. Jangan memukul secara direct hit tetapi dipoles. Tempatkanlah cymbal mengarah pada pemain (agak miring). Bila penempatan cymbal tegak lurus, maka akan mudah membuat stik menjadi tidak tahan lama.

9. Stik yang lo punya juga berpengaruh pada daya tahan cymbal. Stik besar lebih gampang ngancurin cymbal. Jadi, kalo lw punya stik 5A beralihlah ke stik 7A, dan seterusnya.

10. Kalo lw beli hi-hat lagi *kaya banget pasti lo ya*, sebaiknya milih yang ukurannya sama kayak hihat lo sebelumnya. Tapi... Ada tapinya nih, usahain milih tipe, merek otau model yang berbeda. Dengan begini, lo kayak punya 6 jenis hihat yang berbeda! Yo'i mamen!

11. Kalo lo tur musik/ berpergian. Biasakan membawa checklist di kertas kecil biar bisa dikantongin n diselipin di dompet.

12. Gunain karpet buat alas drum lo. Karpet berfungsi untuk mencegah agar drum tidak bergeser-geser alias STABIL.

13. Kalo lo mo maen drum, biasain lo pemanasan dulu. Kayak loncat-loncat single stroke, and so on. Sisain waktu paling dikit 10 menit untuk istirahat sebelum tampil.

14. Jangan kebanyakan nempel stiker pada headbass drum bagian depan(resonant) coz suaranya akan tertahan.

15. Jangan naro drum lo di tempat lembab. Air bisa ngebuat suara drum lo gak bagus dan hardware menjadi karatan.

16. Bawalah perlengkapan yang tidak ada pada perangkat drum yang akan anda mainkan. Sebaiknya, jangan membawa peralatan yang sudah ada. Kecuali jika headnya sobek. *Ngapain bawa-bawa peralatan yang sudah ada, CAPEK DEH!*

17. Lo punya masalah power sama tangan kiri lo? Lo bisa balik stik lo, jadi lo make bagian belakang stik. Trik ini, selain nambahin power, juga ngebuat kita lebih gampang ngelakuin rim shot. But, jangan menggunakan posisi stik pada tangan kanan karena suara ride cymbal bakalan gak jelas gitu deh alias washy.

18. Gunakan stik yang lebih besar saat bermain. Cobalah bermain pelandengan stik itu agar jari-jari lo lebih terkontrol.

19. Banyakin deh berolahraga minimal seminggu 2 kali selama 30 menit ato lebih. Stay away from drugs coz bisa menghambat kreativitas bermusik lo.

20. Selalu siapkan air minum saat lo tampil atau berlatih. Better, u drink sparkling water or juice. Remember! Alcoholic drinks aren't allowed.

Ah... Udah setengah nih gw ngetik. Let's get some refresh. Tarik napas pelan-pelan... terus...terus...terus... yak, op! Kalo gw lanjutin bisa mato lo. Nah, sekarang keluarkan pelan-pelan. Fuhhh... Gimana rasanya? Yummy kan? Ok, keep writing. Kalo buat lo ya, keep reading. Ya nggak?

21. Pilihlah cymbal yang bener-bener 'plek' di hati lo. Merek-merek cymbal yang bagus tu Zildjian of course, Sabian, and Paiste.

22. Cara lain memilih cymbal: Bawa stik lo, walkman, n headphone lo ke toko musik. Putar lagu dengan suara cymbal yang lo prngenin, volumnya agak dikerasin. And then, mainin cymbal yang lo mainin.

23.Stainer sebaiknya jangan lo pasang terlalu keras karena suara akan tertahan da snare wire akan mudah putus.

24. Posisi snare sebaiknya di set tinggi. Hal ini akan memudahkan untuk bermain rim shot n gak buat bungkuk.

25. Agar mencegah bagian tengah stik terkikis karena memainkan rim shot, lilitkan selotip tipis pada bagian tengah stik.

26. Agar drum head pada bassdrum awet, gunakan lakban(3 lapis) pada bagian tengah di mana beater sering mendarat. Buatlah potongan kecil agar tidak mempengaruhi suara.

27. Kalo lo membawa perlengkapan sendiri, pasanglah segera. Selesaikan semuanya dalam waktu 10 menit sebelum lo tampil sehingga pikiran lo bakal lenih tenang n ada waktu buat istirahat.

28. Sediain makanan tambahan, seperti coklat, tablet isap, vitamin, obat-obatan sampai obat tetes mata di dalam tas stik atau tas cymbal anda.

29. Biasakan menggunakan metronom saat berlatih agar tempo permainan senantiasa stabil.

30. Beri warna pada permainan drum lo seperti dengan menggunakan accent dan dinamik.*jangan menyag itu0itu aja, ya nggak?*

31. Bermainlah dengan rileks, jangan tegang dan jangan membuang-buang tenaga. Gak ada gunananya.

32. Siapkan stik lebih dari satu di dekat lo. Ya... Buat jaga-jaga kalo stik lo entar mencelat.

33. Jangan cepat puas deh sama apa yang lo udah dapet. Coba menambah ilmu dengan cara belajar dari guru drum yang berbeda atau mungkin tukeran info sama temen lo.

34. Jangan terlalu fanatik pada satu atau dua aliran lagu saja. Coba mainin aliran lain. Bukan aliran sesat yang pasti.

35. Dalam bermain drum libatkan feel saat bermain. Jangan asal pukul dan jangan pernah berpikir bahwa semakin keras bermain drum semakin bagus. Jangan pernah berpikir semakin cepet lo main, semakin hebat*kagak dah*. Kekerasan dan kecepatan tak ada sangkut pautnya sama musikalitas.

36. Selau berlatih dari tempo yang lambat kalau sudah terbiasa naekin dah temponya perlahan-lahan. Lo belajar jalan dulu baru berlari, ya kan?

37. Saat bermain, dengarkan musisi lain, jangan terfokus pada diri sendiri. JANGAN BERMAIN DRUM DI MUSIK, TAPI MAININ MUSIK DENGAN DRUM.

38. Jadilah pemain drum yang kreatif, beri variasi pada setiap permainan drum yang lo dapet. Karena drum masih ter sesuatu yang "baru", masih banyak variasi yang bisa lo temuin.

Tips ini gw dapet dari temen gw yang seorang drumer, dy udah bermain drum selama kurang lebih 5 tahun. Semoga bermanfaat. Trims

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar